Hot News

dapatkan sisipan buku menarik
secara cuma-cuma hanya di:

 VITO SETURAN
Jl. Seturan Raya No. 399 A Yogyakarta
Telp. 0274-486 511

Menu Baru

white coffee
white coffee

kopi putih yang tidak putih

Menu Baru

baso vito
baso vito

Baso Vito dibuat dengan bahan pilihan, bebas borak maupun bahan pengawet.

Last Update

2014-07-14 17:30:16

cara menyimpan buah alpukat

Berikut adalah tips menyimpan alpukat matang ataupun yang masih mentah agar tahan lama:

Simpan alpukat yang sudah matang di laci buah atau sayuran di kulkas. Direkomendasikan untuk s ... ...

2014-04-27 00:00:51

Begini Cara Bikin Gigi Putih & Sehat

SENYUM adalah modal dari setiap orang untuk tampil menawan. Oleh karena itu, memiliki gigi putih yang sehat adalah dambaan baik bagi pria maupun wanita.

... ...

Vito Guest Book

ryansetyawan 2013-11-11 13:03:02 YOGYAKARTA INDONESIA
di lihat dari web, menunya enak-enak nih, kapan-kapan boleh lah mampir :D.

administrator: ok brothers, ditunggu banget kedatangannya ..

sayyid 2013-08-31 13:27:54 JAKARTA INDONESIA
Vito Cafe di jakarta adaiin juga dong ..

Vito Cafe: maaf sob, dalam waktu dekat belum, doain aja

pipit 2013-08-06 09:25:26 JAGIRSIDOSERMO INDONESIA
waahhh kayaknya siip nih. pengen nyobain tehnya. tersedia ruang khusus ga ya untuk berdua aja?

Vito Cafe: yang khusus tidak ada, enakan rame-rame kan

ilham 2013-07-11 14:41:17 YOGYAKARTA INDONESIA
lok puasa gini buka nya jam berapa??

Vito Cafe: Kami buka seperti biasa kok, tetap 24jam sehari, ada ketentuan khusus bagi pengunjung yang sedang berpuasa :)

adam 2013-05-26 11:45:59 SURABAYA INDONESIA
wah cocok gak nih buat kantong pelajar? harga dari berapa sampai berapa nih?

Vito Cafe: Masih aman kak, harga di kisaran 10k aja kok, kami tunggu kunjungannya...

Carasiana 2013-05-20 07:00:23 SURABAYA INDONESIA
Mantap vitocafe, terus berkarya,...

Arya 2013-05-03 16:12:37 YOGYAKARTA INDONESIA
Kwalitas dan konsep minumannya sangat BAGUS dan LUAR biasa.

Rijal 2013-04-16 11:56:42 BANTUL INDONESIA
wah, jadi penasaran nih.

Vito Cafe: mampir saja bro, jangan sampai tidur tidak nyenyak karena penasaran :)

lucky 2013-03-06 02:42:26 YOGYAKARTA INDONESIA
wah josh banget ni tempatnya, nyaman pelayanannya juga memuaskan, bkin beta,boleh ne jd tambhan aktifitas keseharian gua.

nino 2012-11-20 06:19:07 JAKARTA INDONESIA
kemaren sy udah ke vito cafe dan nyobain minuman coklat panas..dan ternyata enaaak bgt..ada warnetbya lagi.. horeeeeee........

Kirim Komentar

Nama
Email tidak akan dipubikasikan
Email
URL
Pesan
Security Codecapca
Tuliskan Security Code
face book koprol twitter Foursquare Google Place 

Sejarah Kopi Dari Masa Ke Masa

Kopi berasal dari Ethiopia, tepatnya di daerah dataran tinggi. Sejak tahun 1000 SM, suku Galla di Afrika Timur ini sudah mengenal biji kopi, dan pada abad ke-5, ketenarannya mulai menyebar ke seluruh Ethiopia.

Lalu kopi mulai dikenal di Jazirah Arab pada tahun 700-1000 M, sebagai minuman energi (untuk begadang). Penyebaran kopi dimulai saat itu bersamaan dengan penyebaran Islam. Sumber kopi pertama di Mocha salah satu derah di Yaman.

Pada tahun 1000 M Ibnu Sina menyelidiki zat kimiawi kopi, dokumennya merupakan dokumen pertama yang diketahui membedah kopi dari ilmu kedokteran dan kesehatan. Dan pada tahun 1400 M Kedai Kopi mulai menjamur di Jazirah Arab, terutama Mekkah dan Madinah.

Pada tahun 1453 M Kopi diperkenalkan di Konstantinopel oleh bangsa Turki (kekhalifahan Ottoman). Kedai kopi yang pertama kali tercatat disana bernama Kiva Han, dibuka tahun 1475.

Namun pada tahun 1600 M Paus Clement VIII, menegaskan untuk mempertimbangkan bahwa ‘budaya ngopi’ merupakan sebuah bid’ah, ‘budaya luar’ yang dapat mengancam (infidel) dan karena itu berdosa bagi yang meminumnya. Namun kemudian ia mengizinkan jika ‘ngopi’ menjadi bagian (alternatif) dari makanan/minuman yang halal dikonsumsi oleh seorang Kristen. Di tahun itu juga, kopi dibawa dari Mekkah ke jazirah India (Asia kecil) oleh orang yang bernama Baba Budan ketika pulang haji dari Mekkah.

Berikut ini adalah catatan mengenai perkembangan awal penyebaran kopi di Dunia:
- 1616 M Kopi dibawa dari Mocha (Yaman) ke Belanda.
- 1645 M Kedai kopi pertama dibuka di Venice, Italia.
- 1650 M Kedai kopi pertama dibuka di negeri Kristen (Christendom) tepatnya di Oxford.
- 1658 M Belanda membuka kebun pertama di Ceylon (Srilanka)
- 1668 M Kedai kopi ‘Edward Lloyd’s’ dibuka di London. Dari kedai kopi inilah kemudian Edward membuka perusahaan asuransi paling terkemuka di dunia Lloyd of London Insurance.
- 1668 M Kopi mulai dikenal di Amerika Utara.
- 1669 M Kedai kopi dikenalkan di Paris oleh duta besar Turki kepada raja Louis XIV.
- 1670 M London gandrung kopi. Kedai kopi dibuka di setiap sudut London.
- Di Brasilia, penanaman kopi di mulai. Jenis kopi yang ditanam adalah Coffea Arabica Lind.
- 1674 M Petisi Perempuan menentang kopi dikeluarkan di London.
- 1675 M Hidangan teh (tea house) mulai dikenalkan di Belanda. Sebelumnya yang ada cuma sajian minuman bir/malt.
- 1675 M Raja Charles II menutup seluruh kedai kopi di London, tuduhan utamanya adalah kedai kopi sebagai tempat pemufakatan makar.
- 1679 M Ahli kimia di Marseilles, Prancis memberikan kesaksian bahwa kopi merusak dan membahayakan kesehatan.
- 1679 M Kedai kopi pertama dibuka di Hamburg, Jerman.
- 1688 M Lebih dari 800 kedai kopi dibuka di daerah Soho (Inggris), terutama oleh pelarian Kristen Calvinis dari Prancis (Huguenots).
- 1689 M Café khas Perancis pertama dibuka, bernama Café de Procope-walau dengan suasana krisis setelah pengumuman kopi merusak kesehatan.
- 1696 M Kedai kopi pertama bernama The King’s Arms dibuka di New York.
Seorang warganegara Belanda bernama Zwaardecroon, membawa beberapa benih tanaman dari Mekkah ke Bogor, Indonesia. Dan, menjadi tanaman komoditas terpenting di Hindia Belanda.
- 1706 M Kopi Jawa diteliti Belanda di Amsterdam.
- 1714 M Kopi Jawa hasil penelitian, oleh Belanda diperkenalkan dan ditanam di Jardin des Plantes oleh raja Louis XIV.
- 1720 M Kedai kopi Florian bertahan buka di Florence.
- 1723 M Gabriel du Clieu membawa biji kopi dari Prancis ke Martinique.
- 1727 M Francisco de Mello membawa biji kopi dari Prancis untuk ditanam di Brazil.
- 1730 M Inggris menanam kopi di Jamaica.
- 1732 M Johann Sebastian Bach membuat komposisi Coffee Cantata, di Leipzig. Kantata ini menggambarkan perjalanan spiritual yang juga sebagai parodi atas ketakutan orang Jerman terhadap pesatnya popularitas kopi di German (bangsa Jerman penggemar bir)
- 1777 M Raja Jerman (Prussia) mengumumkan kritikan dan pelarangan atas kopi, dan mengumumkan bir sebagai minuman nasional Jerman Raya.
- 1790 M Kedai kopi awal khas British menghilang perlahan tergantikan oleh kedai beer (tavern).
- 1802 M Cafe sebagai kata yang menunjukkan tempat mulai diperkenalkan di Inggris (sebelumnya coffee house). Kata ini berasal dari kata Prancis ‘eafé’ dan hampir seakar dengan bahasa Italia ‘caffe’. Café menunjukan sebuah tempat yang merupakan restoran dengan menu utama minuman kopi.
- 1809 M Kopi impor dari Brazil pertama kali masuk pasar Amerika di Salem, Massasuchet.
- 1820 M Zat Caffeine dalam minuman kopi ditemukan berbarengan oleh tiga penelitian berbeda – dan, tentunya masing-masing peneliti itu bekerja sendiri-sendiri – yang dilakukan oleh Runge, Robiquet, Pelletier dan Caventou
- 1822 M Prototip dari sebuah mesin kopi espresso dibuat di Prancis.
- 1839 M Kata ‘Cafetaria’ diperkenalkan sebagai kata hibrida (gabungan) dari Meksiko, Spanyol Dan Inggris.
- 1859 M Michael Thonet’s Vienna Café chair No. 14 (bangku kedai kopi khusus diperkenalkan pertama kali sebagai ‘bangku yang cocok digunakan sambil menghirup kopi’.
- 1869 M Cofee leaf rust (jamur kopi) pertama kali diketemukan di Srilanka dan tanaman kopi di Asia.
- 1873 M Kopi dalam kemasan secara massal diperkenalkan pertama kali di Amerika oleh John Arbukle.
- 1882 M Dibentuk The New York Coffee Exchange
- 1869 M Berjangkit suatu penyakit jamur di seluruh Asia yang menyebabkan kerusakkan dari kopi berjenis Coffea Arabica Lind yang waktu itu banyak ditanam di Asia. Hingga pada tahun ini orang mulai menanam bermacam-macam jenis kopi yang banyak terdapat di daerah Congo.
- 1904 M Mesin espresso dibuat modern oleh Fernando Illy.
- 1906 M Brazil menaikkan harga kopi setelah menciptakan harga (kurs) tetap untuk komoditas kopi.
- 1910 M Jerman membuat kopi decaf (pengurangan zat caffein pada kopi seminimal mungkin) Dan diperkenalkan ke Amerika dengan nama Dekafa.
- 1911 M Pedagang kopi di Amerika membentuk Asosiasi Kopi Nasional.
- 1915 M Pyrex ditemukan. Pertama kali dipakai sebagai lampu penerangan terutama di perusahaan kereta api sebagai penutup lampu yang tahan panas dan cuaca ataupun benturan fisik. Mulai diperkenalkan sebagai alat dapur, sebagai pengganti kaca. Kedai kopi menggunakan pyrex sebagai gelas tahan panas.
- 1920 M Kedai kopi ‘baru’ booming di Amerika.
- 1925 M Vienna Café chair No. 14 diikutkan dalam pameran L’esprit Nouveau di Perancis oleh Le Corbusier. Sampai tahun 1933 bangku model ini diproduksi lebih dari 50 juta.
- 1927 M Mesin kopi espresso pertama kali diperkenalkan di Amerika. Kedai kopi pertama yang memakai ‘La Pavoni’ di New York. Mesin ini didesain khusus oleh arsitek ternama Italia Gio Ponti.
- 1928 M Federasi Kopi Kolumbia dibentuk.
- 1930-1944 M Brazil memusnahkan 78 juta kantong kopi untuk menstabilkan harga.
- 1938 M Cremonesi membuat pompa piston yang dapat menyemprotkan air panas dengan keepatan tinggi untuk menyeduh kopi.
- 1938 M Nestle menemukan kopi instan di Brazil, Nestle sampai saat ini merupakan penghasil kopi instan terbesar di dunia.
- 1939-1945 M Pasukan Amerika membawa kopi instan dalam perang dan memperkenalkannya ke seluruh dunia.
- 1942 M Kopi menjadi menjadi barang yang disimpan secara sembunyi-sembunyi. Di Inggris pada masa ini kopi dijatah pada jumlah tertentu.
- 1946 M Pabrik Gaggia memproduksi mesin Capucinno secara komersial untuk pertama kali. Kata Capucinno berasal dari warna jubah pendeta Capucin (aliran Francisian-1529).
- 1948 M Achille Gaggia menemukan mesin kopi espresso secara massal di Milan.
- 1952 M Mesin Gaggia diimpor ke Inggris. Di tahun ini kedai kopi setelah perang dunia kedua untuk pertama kali dibuka di London di bulan Juli.
- 1953 M Bar Espresso menyebar di seluruh Soho. Yang pertama kali adalah Mocha di jalan 29 Frith Street.
- 1954 M Pembatasan kepemilikan sejumlah komoditi seperti kopi berakhir dengan berakhirnya masa transisi perang dunia kedua.
- 1957 M Catherine Uttley mendaftar ada 200 bar kopi di London. Mulai banyak yang bar kopi yang memakai plastik mulai dari peralatan dapur, makan, lantai sampai furnitur.
- 1960 M Bar kopi tercatat bertambah dua kali lipat dari 1,000 menjadi 2,000 di seluruh Inggris, terbanyak di London, sekitar 500 buah.
- 1962 M Puncak dari konsumsi kopi per kapita di Amerika, 3 cangkir per orang per hari.
- 1962 M Perjanjian Internasional mengenai perdagangan kopi dibuat, tujuannya mengontrol harga.
- 1964 M Bar kopi sekarat di Inggris, tergantikan oleh restoran dengan berbagai hidangan.
- 1970 M Mokha café tutup setelah dikomplain sinis oleh penulis Amerika William S Burrough.
- 1971 M Gerai Starbuck pertama dibuka di Seattle.
- 1973 M Fair Trade Coffee pertama kali diimpor ke Eropa dari Guatemala.
- 1975 M Brazil menderita karena gagal panen, harga kopi dunia meroket.
- 1989 M Perjanjian Kopi Internasional gagal menstabilkan harga. Dalam sejarah perdagangan kopi turun ke tingkat yang paling rendah.
- 1990 M Beberapa kedai kopi tutup karena penataan ruang (redevelopment) di Inggris. Diperkenalkan organic coffee yang menjadi primadona di pasar kopi dunia.
- 1998 M Starbuck mencapai 2.000 gerai di Amerika saja. Di seluruh dunia 5.715 gerai

Kopi (Coffee)

Dicuplik Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi.

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

 

Biji kopi

Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya terdapat 2 jenis varietas utama, yaitu kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Masing-masing jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.

 

Biji kopi arabika

Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.[13] Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

 

Biji kopi robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

 

Kopi luwak

Jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta. Biasanya disetiap daerah penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya sebagai suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang terkenal adalah kopi luwak asli Indonesia.

Kopi luwak merupakan kopi dengan harga jual tertinggi di dunia. Proses terbentuknya dan rasanya yang sangat unik menjadi alasan utama tingginya harga jual kopi jenis ini. Pada dasarnya, kopi ini merupakan kopi jenis arabika. Biji kopi ini kemudian dimakan oleh luwak atau sejenis musang. Akan tetapi, tidak semua bagian biji kopi ini dapat dicerna oleh hewan ini. Bagian dalam biji ini kemudian akan keluar bersama kotorannya. Karena telah bertahan lama di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi ini telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perutnya yang memberikan cita rasa tambahan yang unik.

 

Jenis-jenis minuman kopi

Minuman kopi yang ada saat ini sangatlah beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik. Berikut ini adalah beberapa contoh minuman kopi yang umum dijumpai:

▪   Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun.

▪   Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.

▪   Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.

▪   Café au lait, serupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam.

▪   Caffè macchiato, merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.

▪   Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.

▪   Dry cappuccino, merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.

▪   Frappé, merupakan espresso yang disajikan dingin.

▪   Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.

▪   Kopi Irlandia (irish coffee), merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.

▪   Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.

▪   Melya, sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu.

▪   Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat.

▪   Oleng, kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.

 

Website Security Test